Prodi Manajemen Hutan

 

Ketua Program Studi: Dr. Senawi, M.P.
Sekretaris Program Studi: Bowo Dwi Siswoko, S.Hut, M.Si.
 
Produk yang diharapkan dari Program Studi Menejemen Hutan adalah sarjana yang memiliki landasan ilmiah dan berpengetahuan cukup untuk dapat mengelola suatu kawasan sumber daya hutan. Yang dimaksud dengan kawasan hutan, tekanan utamanya adalah Kesatuan Penanganan Hutan Produksi (KPHP). Fondasi utama yang perlu dikuasai dan dimiliki oleh Sarjana Kehutanan Program Studi Manejemen Hutan adalah mencakup paling tidak 4 bidang :
1. Landasan survey untuk tujuan pemetaan clan pemolaan jaringan jalan/pembukaan wilayah.
2. Biologi flora clan fauna termasuk didalamnya cara mengatur pertumbuhan beserta regenerasinya
3. penaksiran kayu clan hasil hutan lainnya
4.landasan pengelolaan secara ekonomis dan bisnis untuK mengevaluasi serta penanganan sumber daya hutan sebagai satuan usaha pengelolaan.

Program Studi Manejemen Hutan mempelajari perencanaan hutan, biometrika hutan, manajemen dan ekonomi kehutanan secara luas termasuk perndekatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dalam pengelolaan kehutanan.

 

KELENGKAPAN FASILITAS

1 Laboratorium Biometrika, Statistika dan Komputasi
2.Laboratorium Perpetaan dan Penginderaan Jauh

Untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat telah dilakukan kerjasama antara Fakultas Kehutanan dengan berbagai perusahaan hutan/industri baik BUMN maupun swasta. Unit perusahaan tersebut merupakan laboratorium hidup/lapangan bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Hutan maupun bagi staf edukatifnya.