Struktur Organisasi dan Personalia

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 0204/0/1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Gadjah Mada, dan secara umum pada PP 30/ 1990 Fakultas (Kehutanan UGM) adalah unsur pelaksana sebagian tugas pokok dan fungsi (UGM), yang dipimpin oleh Dekan dan bertanggung jawab kepada Rektor. Organisasi Fakultas diatur dalam Anggaran Rumah Tangga UGM berdasarkan Keputusan Majelis Wali Amanah UGM Nomor 12/SK/MWA/2003. Organisasi Fakultas terdiri atas : Senat Fakultas, Pimpinan Fakultas, Jurusan, Laboratorium/Studio, Unit Pelaksana Administrasi Fakultas, dan Unit lain yang dianggap perlu. Dengan meningkatnya aktifitas fakultas dan kerjasama dengan fihak lain, maka Dekan mengangkat pembantu Dekan khusus yang disebut dengan Divisi, yaitu Divisi Kerjasama dan Divisi Penelitian & Pengembangan, yang keduanya bertanggung jawab langsung kepada Dekan. Organisasi yang mengurusi karyawan juga dibentuk yaitu Korpri dan Dharma wanita.

Kegiatan fakultas yang lain adalah membuka program pendidikan dan latihan (DIKLAT), dimana pengurusannya diserahkan kepada Divisi Kerjasama. Program DIKIAT ini juga mengelola program Diploma D3 dan SO (D1) yang dananya diperoleh dari IWPL ­(Iuran Wajib Pendidikan dan Latihan) pemegang HPH dari Departemen Kehutanan.

Adapun Organisasi yang ada di Fakultas Kehutanan UGM yaitu :

1. Senat Fakultas

Anggota Senat Fakultas terdiri atas 5 unsur, yaitu : Guru Besar, Guru Besar Emiritus dan Guru Besar Luar Biasa; Dekan; Wakil Dekan; Ketua Jurusan; dan Wakil Jurusan yang dipilih dan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah dosen pada jurusan yang bersangkutan. Penetapan Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat dilaksanakan dengan Keputusan Rektor. Untuk kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi maka Senat Fakultas Kehutanan UGM membentuk empat komisi, yaitu Komisi Kelembagaan, Komisi Pengembangan, Komisi Anggaran, serta komisi Etika dan Moral.

2. Pimpinan Fakultas

Fakultas Kehutanan UGM di pimpin oleh seorang Dekan. Dalam melaksanakan tugas, Dekan dibantu oleh tiga wakil dekan yaitu : Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Administrasi Keuangan dan Umum, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Kerjasama, dan Hubungan Alumni. Dekan dan wakil dekan diangkat dan diberhentikan oleh Rektor Berdasarkanusul Senat Fakultas. Dalam melaksanakan tugas masing-masing Wakil Dekan dibantu oleh Asisten Wakil Dekan.

3. Program Studi dan Bagian 

Fakultas Kehutanan UGM mempunyai satu Program Studi Strata-1 yaitu Program Studi Kehutanan, dan mempunyai empat Bagian yaitu : Manajemen Hutan, Silvikultur, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumberdaya Hutan. Organisasi Bagian terdiri atas : Ketua Bagian, Sekretaris Bagian, Para Dosen, Staff Administrasi, dan Laboratorium/studio. Disamping itu terdapat Program Studi Diploma-III Pengelolaan Hutan.

4. Laboratorium

Fakultas Kehutanan UGM memiliki banyak laboratorium sebagai sarana penunjang keberhasilan program pendidikan dan mutu lulusan. Laboratorium yang ada dikelola dan diampu masing-masing jurusan. Keterangan lengkap tentang laboratorium di masing-masing jurusan dapat dilihat pada profil program studi.

5. Laboratorium/Kampus Lapangan

Selain dilengkapi dengan laboratorium yang ada di jurusan, fakultas kehutanan juga dilengkapi dengan laboratorium yang ada di lapangan atau lebih dikenal dengan "kampus lapangan". Dengan adanya kampus lapangan mahasiswa akan lebih mudah melakukan praktek dan penelitian secara langsung.

6. Perpustakaan.

Perpustakaan fakultas terdapat di lantai 3 gedung Unit 1. Berbagai bahan pustaka mulai dari buku teks dalam dan luar negeri, hasil penelitian dosen dan mahasiswa (S1, S2, S3), artikel2 ilmiah, buletin, warta bidang kehutanan dll tersedia lengkap. Fasilitas lain yang tersedia diantaranya penelusuran artikel/jurnal di lingkungan UGM hingga skala Internasional.

7. Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pentingnya teknologi informasi seperti internet sebagai "jendela informasi tanpa batas" dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Fakultas Kehutanan menjadi suatu kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Fasilitas koneksi internet terdapat disemua laboratorium, ruang dosen dan dilengkapi dengan 7 titik hot spot (wireless akses point) yang memungkinkan koneksi internet di setiap sudut Fakultas Kehutanan. Mahasiswa juga difasilitasi ruangan untuk mengakses internet di Pusat Pelayanan Internet Mahasiswa (PPIM) guna meningkatkan wawasan dan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi.